Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemdes Tumpeng Lumajang Lanjutkan Bangun Jalan Lapen dari Dana Desa

10 Mei 2024, 18.37 WIB



Pembangunan jalan lapis penetrasi (Lapen) sepanjang 307 M, dan lebar 3 M, di Dusun Besuk Utara, RT 01 RW 05, Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro. (Dok Riyaman/Transparansi.co.id).


LUMAJANG, Transparansi.co.id – Realisasikan dana desa (DD) tahap 1, Pemerintah Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur melaksanakan lanjutan pembangunan jalan Desa jenis lapen di Dusun Besuk Utara RT 01 RW 05 desa setempat.


Jalan yang dibangun dengan cara pembangunan jalan lapis penetrasi (Lapen) dengan panjang 307 M dan lebar 3 M, yang dibangun menggunakan anggaran DD tahap 1 tahun 2024, tersebut sudah pernah dibangun dengan menggunakan dana desa tahap 2 pada tahun 2023.


Kepala Desa Tumpeng, Deni Purwadi Saat dikonfirmasi Transparansi.co.id, Jumat (10/5/2024) di kediamannya mengatakan, bahwa pembangunan jalan tersebut adalah hasil musyawarah desa (Musdes), pada tahun ini dia mengaku meneruskan.


”pembangunan jalan desa ini sudah menjadi skala prioritas untuk di perbaiki, dan sudah melalu Musdes," ucap Deni kemudian.


Disampaikannya, kalau desa yang dipimpinnya adalah desa mandiri. 


“desa kami desa mandiri, jadi dana desa nya hanya dua tahap. Untuk dana yang kita gunakan untuk pembangunan jalan ini sebesar Rp129.764.800, dan dilaksanakan oleh timlak Desa Tumpeng”, jelasnya.


Orang nomor satu di Desa Tumpeng ini mengaku kalau targetnya adalah menuntaskan pembangunan jalan tersebut.

“Target kami menuntaskan membangun jalan ini, karena jalan ini memang sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi para petani Desa Tumpeng," ujarnya.


Deni mengatakan, bahwa di tahun 2023 lalu pihaknya telah membangun jalan tersebut sepanjang 417 M dan lebar 3 M, dan tahun ini meneruskan.


"Kita membagi, jadi tahun depan kita lanjutkan untuk menuntaskan pembangunan jalan ini," katanya.


Kepada warga tumpeng pihaknya mengimbau agar merawat jalan yang sudah dibangun. 


“Mari kita bersama sama menjaga dan merawatnya dengan baik jalan yang telah kita bangun ini, dengan cara bergotong royong memperbaiki saluran air, agar jalan ini tidak cepat rusak”, ajaknya.


Sementara warga Dusun Besuk Utara RT 01 RW 05, Desa Tumpeng, ketika diwawancarai Transparansi.co.id, mengaku sangat senang. 


“Alhamdulillah, jalannya sudah enak. Semoga tahun depan, sisanya juga dibangun”, harapnya.


(Riyaman).

Iklan