Iklan

Iklan

,

Iklan

SWI Jember Halal Bihalal Pererat Tali Silaturahmi, Ketua SWI Jember Ingatkan Anggotanya Jaga Netralitas Jelang Pilkada 2024

27 Apr 2024, 21.43 WIB

 


Wartawan SWI Jember halal bihalal di Cafe and Resto Dira Park Balung, Sabtu 26 April 2024 (istimewa)


JEMBER, transparansi.co.id- Dalam rangka mempererat tali silaturahmi sesama insan Pers khususnya wartawan yang tergabung dalam organisasi profesi wartawan SWI (Sekber Wartawan Indonesia) Kabupaten Jember mengadakan halal bihalal pada Sabtu (27/3/2024).


Acara yang dirangkum dalam rapat kerja daerah (rakerda) tersebut diikuti puluhan wartawan yang berlangsung di Cafe and Resto Dira Park Balung, Sabtu 26 April 2024.


Dalam sambutannya, Ketua SWI Kabupaten Jember, Suyono HS, berpesan kepada seluruh anggotanya untuk bersikap netral menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November 2024 mendatang.

 

DPD SWI Kabupaten Jember berencana akan menggelar dialog publik, dengan mengundang seluruh bakal calon bupati dan wakil bupati untuk memaparkan visi misi dan programnya saat berlangsungnya masa kampanye pilkada.


“Secara pribadi teman-teman wartawan bebas mendukung calon bupati tertentu. Tapi secara kelembagaan, organisasi SWI netral, tidak boleh berpihak kepada calon yang manapun. Sesuai ketentuan undang-undang dan kode etik jurnalistik, kita harus menjaga independensi dan keberimbangan dalam pemberitaan,” ujar Suyono HS, Sabtu, (26/4/2024).


SWI secara nasional, kata Suyono HS, saat ini tinggal menunggu hasil verifikasi faktual, dan akan menjadi Konstituen Dewan Pers.


“Karena itu, sesuai petunjuk dan arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP), dimohon pengurus DPW dan DPD SWI untuk menyelenggarakan kegiatan yang mendukung eksistensi keberadaan SWI di daerah,” terangnya.


Ketua SWI Jember mengucapkan banyak terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus dan anggota SWI Jember atas dedikasinya selama ini sehingga sejumlah kegiatan yang sudah diprogramkan dapat berjalan dengan baik.


Ke depannya, kata Suyono, SWI Jember akan melaksanakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi wartawan, khususnya anggota SWI Jember, mengingat, visi misi pendirian SWI sesuai AD/ART, adalah mendorong anggotanya menjadi wartawan profesional dan sejahtera.


Keberadaan SWI di Jember, Suyono menyampaikan sudah diterima kalangan wartawan di Jember. Terbukti, sejumlah wartawan yang selama ini belum bergabung dengan organisasi profesi wartawan, menyatakan kesediaannya untuk bisa menjadi anggota SWI. (Redaksi)

Iklan