Iklan

Iklan

,

Iklan

Antisipasi Air Meluap di Permukiman Warga, Babinsa Tegalrejo Bersama Warga Lakukan Penyodetan Sungai Rawaan

17 Mar 2024, 15.46 WIB

Koptu Hari Irawan dibantu Warga melakukan penyodetan sungai Rawaan, Minggu (17/3/2024). (Karyawati istimewa)


Lumajang, transparansi.co.id- Akibat dilanda hujan lebat berhari-hari, Babinsa Tegalrejo Koramil 0821/18 Tempursari Koptu Hari Irawan bersama perangkat desa dan warga melaksanakan kerja bakti penyodetan sungai Rawaan, di Dusun Tegalsari, Desa Tegalrejo, Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (17/3/2024).


Kegiatan kerja bakti tersebut, merupakan inisiatif bersama warga dengan melakukan penyodetan genangan air di sungai Rawaan untuk disalurkan ke pantai Buku sebagai langkah pencegahan terjadinya genangan air hujan.


Dalam kesempatan itu, Koptu Hari Irawan, mengatakan bahwa kegiatan kerja bakti ini merupakan upaya mencegah terjadinya luapan sungai Rawaan yang menggenangi pemukiman warga Dusun Tegalsari.


“Ini merupakan upaya kami Tiga Pilar desa bersama warga melakukan penyodetan material pasir laut dari sungai Rawaan yang disebabkan hujan yang cukup tinggi yang berdampak menggenangi pemukiman. Dengan melakukan penyodetan ini air bisa berjalan normal kembali," kata dia.


Sementara itu, Kepala Dusun Tegalsari, Yohadi, mengatakan bahwa kegiatan tersebut upaya mencegah dan meminimalisir terjadinya genangan air di pemukiman warga dan juga untuk memberikan kenyamanan bagi warga dalam melakukan aktivitas.


“Kegiatan ini bukan kali pertama, apabila memasuki musim hujan, kami dan warga berinisiatif melakukan karya bakti. Upaya penyodetan aliran air sungai Rawaan menuju pantai bulu nanti dapat memberikan lega para warga, dan kami imbau kepada warga untuk tetap waspada,” pungkasnya.



(Karyawati)

Iklan