Iklan

Iklan

,

Iklan

Waktu Pelaksanaan Pembangunan Rehabilitasi Saluran Irigasi Di Talang di Jember 18 Bulan, Hampir 2 Tahun Masih Berlanjut

23 Des 2023, 20.02 WIB

Aktivitas pembangunan masih berlangsung di lokasi pekerjaan DI Talang di Kabupaten Jember (foto istimewa)


Jember, transparansi.co.id- Pembangunan rehabilitasi saluran irigasi jaringan tersier DI Talang di Jember Jawa Timur, masih belum selesai dalam pengerjaannya, Sabtu (23/12/2023).


Pembangunan yang bersumber dari dana Loan Simurp dengan anggaran puluhan miliar itu di bawah pengawasan SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Brantas di JL. Menur No. 123 Lt. A2 Surabaya 60116.



Papan nama proyek rehabilitasi saluran irigasi tersier DI Talang di Kabupaten Jember (foto Yahya pelaksana PT Moderen untuk transparansi)


Dari keterangan papan nama kegiatan yang terpasang di lokasi, tertuliskan bahwa kegiatan irigasi dan Rawa 2 itu bersumber dari dana Loan Simurp tahun anggaran 2021-2023 dengan nilai kontrak Rp37.960.383.000, waktu pelaksanaan 540 hari kalender, kontrak tertanggal 6 Desember 2021, di bawah pengawasan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. Anehnya papan proyek yang terpasang itu tidak mencantumkan nama kontraktor pelaksana dan konsultan pengawasnya.


Dari pantauan wartawan di lokasi pekerjaan. Aktivitas pembangunan masih berlangsung.


Data terhimpun bahwa Sesuai waktu pelaksanaan 540 hari kalender (18 bulan) terhitung sejak tanggal kontrak pekerjaan tertanggal 6 Desember 2021, dan semestinya di pertengahan tahun 2022 pelaksanaan pekerjaan sudah berakhir.


Saat dikonfirmasi di lokasi pekerjaan, Yahya selaku pelaksana PT Moderen, menyampaikan bahwa akhir pelaksanaan pekerjaan berakhir di pertengahan bulan Januari tahun 2024. Ia tidak mengetahui awal dimulai pekerjaan tersebut dengan dalih masih baru menjabat sebagai pelaksana pekerjaan di PT. Moderen.


" Soalnya saya baru (menjabat pelaksana) ditarget dari atasan pertengahan bulan Januari (2024) harus selesai," kata Yahya kepada wartawan di lokasi pekerjaan bendungan Di Talang, Jumat (23/12/1023).


Ia menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sedang mengerjakan tahap terakhir pekerjaan rehabilitasi bendungan aprond, lantai Kerja dan renovasi rumah juru pengairan. Ia sebut untuk progres pencapaian pekerjaan yang dimaksud selesai 70 persen.


" Ini (pekerjaan titik bendungan dan renovasi rumah juru) kurang lebih 70 persen," ujarnya.


Sementara saat dikonfirmasi melalui chat WhatsApp dinomor pribadinya, pejabat pembuat komitmen (PPK) Direktorat Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Brantas SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Brantas di Surabaya belum merespon hingga berita ini diterbitkan.


(AMC)



Iklan