Iklan

Iklan

,

Iklan

Puluhan Aktivis dan Mantan Aktivis Mahasiswa, Sedekah Darah di HUT RI ke -78 untuk PMI Jember

27 Agu 2023, 13.54 WIB



Jember, transparansi.co.id– Puluhan aktivis dan mantan aktivis mahasiswa dalam memeriahkan hari ulang tahun (J+HUT) Kemerdekaan RI ke 78 dengan berdonor darah pada Sabtu (26/08/23).



Mereka yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korps Alumni HMI (KAHMI) ikut kegiatan donor darah yang bertempat di Gedung KAUJE Universitas Jember. Sebelumnya, mereka ikut senam, Jalan Sehat MD KAHMI Kolaboratif bersama Forhati, HMI, Kohati HMI Cabang Jember.



Ketua panitia jalan sehat MD KAHMI Jember Kolaboratif Danial Perdana Kusuma SE, menjelaskan acara digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI.



 “Alhamdulillah puluhan kader HMI dan alumni HMI yang tergabung dalam KAHMI ikut donor darah. Sebagian besar lolos ada beberapa yang tidak lolos,” kata Danial Perdana Kusuma SE, Sabtu (26/8/23).


Dia menjelaskan, kegiatan donor darah ini sebagai wujud kepedulian dari keluarga besar kader HMI dan alumninya. 


“Kegiatan donor darah ini sebagai bentuk aksi kemanusiaan, karena satu tetes darah bisa menyelamatkan sesama,” ujarnya. 


Selain itu, lanjut dia, kegiatan donor darah ini  juga sebagai tindak lanjut kerjasama antara KAHMI dan PMI kabupaten Jember.


“KAHMI dan PMI Kabupaten Jember sudah membangun kerjasama. Kita sudah beberapa kali kerjasama menggelar kegiatan donor darah seperti ini,” ungkap alumnus fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember itu.


Narto, STP MM, Koordinator Presidium MD KAHMI Jember banyak manfaat bagi pendonor darah. Donor darah  dapat membantu pasien-pasien yang memerlukan dukungan darah dan membangun rasa persatuan dalam masyarakat. Juga Mengurangi Risiko Penyakit Darah. 


“Donor darah dapat membantu dalam pemantauan kesehatan pendonor, karena pemeriksaan kesehatan rutin sebelum setiap sesi donor, ini juga  dapat mengidentifikasi masalah kesehatan tertentu,” tambah Narto, yang juga tercatat sebagai pengurus PMI Kabupaten Jember.

  

Menurutnya, Sumbangan darah bisa menyelamatkan nyawa sesama. 


“Donor darah dapat menyelamatkan nyawa pasien yang membutuhkan transfusi darah akibat cedera, operasi, kondisi medis serius, atau penyakit seperti anemia berat. Transfusi darah membantu menggantikan darah yang hilang atau membantu dalam proses penyembuhan,” imbuhnya. (Redaksi)

Iklan