Iklan

Iklan

,

Iklan

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Lumajang Berlangsung Meriah, Berbagai Pihak Dilibatkan

26 Jun 2024, 19.36 WIB

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) ketika memberikan bibit secara simbolis. (Dok Riyaman)


LUMAJANG, Transparansi.co.id - Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia 2024 di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mendapatkan perhatian dan dukungan dari banyak pihak. 


Kegiatan yang dipusatkan di Wisata Alam Sumber Takir, Desa Jokarto, Kecamatan Tempeh itu tidak hanya dari unsur pemerintah. Sejumlah komunitas dan dunia usaha kali ini turut terlibat dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup di Kabupaten Lumajang.


Hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni dan anggota Forkopimda Kabupaten Lumajang, Kepala OPD terkait serta perwakilan komunitas dan dunia usaha diantaranya BPD Jawa Timur Cabang Kabupaten Lumajang, Asosiasi Pengusaha dan Penguji Kayu Lumajang (ASPILU) Himpunan Penambang Batuan Indonesia (HPBI) Kabupaten Lumajang, Real Estate Indonesia Kabupaten Lumajang dan Guna Group.



Hal ini menjadi bukti bahwa kepedulian dan tanggung jawab dalam menjaga lingkungan bukan tanggung jawab pemerintah semata, melainkan perlu adanya sinergi dari Stakeholder, supaya tujuan pelestarian lingkungan dapat terwujud.



"Ini adalah bentuk sinergi Pemerintah dan Stakholder, ini bukti bahwa menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab kita semua. Terima kasih untuk yang sudah mendukung, Bank Jatim, Aspilu, HPBI, Real Estate, Guna Grup dan semua komunitas yang terlibat, terima kasih semua," terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Dra. Hertutik, M.Si.


Dalam puncak peringatan HLH Tahun 2024 kali ini, selain penanaman seribu pohon juga dilakukan penebaran ikan dan pelepasan burung di area Wisata Alam Sumber Takir, Desa Jokarto Kecamatan Tempeh. Juga dilaksanakan kegiatan Rembuk Sekrup bersama OPD terkait, Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang, Cabang Dinas Kehutanan, Perhutani, UPT SDA Provinsi Jawa Timur.


"Ini salah satu upaya untuk konservasi sumber daya air di Sumber Takir, sekaligus menjaga ekosistem yang ada disini, upaya kami untuk menjaga dan melestarikan lingkungan," imbuhnya


(Riyaman)

Iklan