Iklan

Iklan

,

Iklan

Cegah Penyakit DBD, Babinsa Bersama Dinas Terkait melakukan Fogging

30 Mar 2024, 17.11 WIB



Lumajang, transparansi.co.id- Dalam upaya pencegahan penyakit dan kesehatan masyarakat, Babinsa Bareng Koramil 0821/01 Lumajang, Sertu Fris Wardeni, bergabung dalam pendampingan kegiatan fogging bersama Kepala Desa Boreng. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Puskesmas Kecamatan Lumajang dan dilaksanakan di wilayah Desa Boreng, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, jawa Timur, Sabtu (30/3/2024).


Dalam kesempatan itu, Sertu Fris Wardeni mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan membersihkan secara rutin tempat-tempat yang dapat menjadi sarang berkembangbiaknya nyamuk penyebab penyakit demam berdarah. 


"Dengan kegiatan fogging ini, kedepannya Saya mengajak masyarakat untuk selalu membersihkan secara rutin tempat-tempat yang menimbulkan berkembang biaknya nyamuk yang menimbulkan penyakit demam berdarah," ungkapnya dengan tegas.


Fogging merupakan salah satu metode pengendalian nyamuk yang efektif dengan menggunakan asap atau kabut insektisida untuk membunuh nyamuk dewasa. Melalui kegiatan fogging, diharapkan dapat mengurangi populasi nyamuk pembawa penyakit yang dapat mengancam kesehatan masyarakat.


Bapak Zaenal Syaifudin, selaku Kepala Desa Boreng, menyambut baik kehadiran Tim dari Dinas Kesehatan yakni Puskesmas Lumajang dalam mendukung kegiatan fogging ke rumah warga di wilayahnya. 


"Kami berterima kasih atas dilaksanakannya fogging ini oleh Puskesmas Lumajang, serta partisipasi Babinsa dalam upaya turut ambil bagian mengimbau masyarakat, untuk berperan dalam kebersihan lingkungan. Sebab kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama kita semua," ujarnya.


Diharapkan, kehadiran Babinsa dalam kegiatan fogging dapat menjadi contoh sinergi antara TNI, pemerintah desa, dan masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan. Melalui langkah konkret, diharapkan angka kasus demam berdarah dapat ditekan dan kesehatan masyarakat semakin terjamin. 


(Karyawati/Tim) 

Iklan